Membaca Peluang Bisnis Lewat Internet

Internet pada zaman sekarang sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Internet bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan utama setelah kebutuhan pangan terpenuhi. Ada istilah yang bilang, internet membuat yang jauh menjadi dekat, juga membuat yang sudah dekat menjadi jauh. Biasanya untuk menggunakan internet sendiri penggunanya menggunakan gadget atau perangkat elektronik yang membuatnya menjadi berguna, mulai dari handphone, laptop, komputer, maupun tablet yang sekarang menjadi idola para pemburu gadget.

Dengan koneksi internet ini, para pengguna dipermudah untuk mengakses hal apapun termasuk urusan belanja. Belanja lewat internet tentu tidak sama dengan belanja langsung di pusat perbelanjaan terkemuka. Lewat internet, para calon pembeli bisa melihat barang apa saja yang dijual. Bisnis lewat internet ini biasa dikenal dengan sebutan electronic commerce atau e – commerce. Sesuai dengan namanya, proses jual – beli yang diterapkan juga melalui sistem elektronik, seperti internet. Internet disini memang berperang sangat penting bagi proses bisnis e – commerce ini.

Contoh Bisnis yang Bisa Dimulai Lewat Internet

Ada beberapa jenis bisnis yang dimulai lewat internet yang sedang berkembang dan berjalan di negeri ini. Beberapa diantaranya adalah.

  1. Retail

Bisnis e – commerce ini layaknya berbelanja di department store, namun semua kegiatan memilih produknya, melihat harganya, bahkan transaksinya dilakukan secara online. Dalam bisnis ini, konsumen bisa langsung membeli produk dari pelaku bisnis. Karena pelaku bisnis inilah yang memiliki domain sendiri dan bisa langsung menjualnya kepada konsumen. Contoh bisnis e – commerce yang bergerak antara lain, berrybenka, hijabenka, zalora.

  1. Iklan Baris

Bisnis ini merupkan model sederhana yang bisa diterapkan oleh pelaku bisnis pemula dan cocok digunakan di Negara – Negara berkembang seperti Indonesia. Dalam model bisnis iklan baris ini, penjual dan pembeli bisa berkomunikasi langsung untuk melaksanakan transaksi. Website yang berisi produk – produk yang dijual bukanlah produk dari website yang ada. Namun, peran website disini menjadi perantara antara pembeli yang akan membeli barang, dengan penjual yang menjual barang. Setelah itu pun transaksi dilakukan masing – masing terhadap para penjual dan pembeli tersebut. Contoh bisnis iklan baris : OLX, kaskus

  1. Marketplace

Dalam bisnis marketplace ini para penjual harus mendaftarkan usahanya, karena peran website disini menjadi orang ketiga yang terhubung dalam proses jual beli calon pembeli dan penjual. Disini juga diterapkan sistem pembayaran escrow atau lebih dikenal dengan rekening bersama. Dalam konsep bisnis ini, apabila pembeli sudah membayar produk yang dibelinya, penjual akan memproses barangnya hingga sampai ke tempat pembeli, barulan website ini meneruskan pembayaran yang telah pembeli bayar pada penjualnya. Contoh bisnis marketplace : Tokopedia, Lazada.

Comments for this post are closed.