Merancang Bisnis E – Commerce

Merancang Bisnis E – Commerce

Melihat kemajuan dan peningkatan kebutuhan ekonomi masyarakat Indonesia setidaknya dapat membuka peluang bisnis yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Memulai bisnis memang memerlukan keahlian, paling tidak ketekunan untuk melakoni bisnis sangat dibutuhkan untuk tetap berjalannya bisnis tersebut. Dari berbagai jenis bisnis yang telah ada, yang sekarang sering dilihat pada iklan di televisi dan sangat booming di masyarakat adalah bisnis e – commerce.

Bisnis e – commerce ini sangat berguna bagi para konsumen yang tidak punya banyak waktu berlama – lama untuk mencari barang yang dibutuhkannya. Cukup bermodal internet, lalu mencari produk yang diinginkan, kemudian lakukan transaksi. Apalagi internet tidak membatasi usia, dari mulai anak – anak sampai orang tua pun tahu internet. Ini menjadikan bisnis e- commerce layak untuk dicoba. Namun sebelum memulai bisnis e – commerce ini ada baiknya bisnis yang akan dipasarkan ini disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah bisnis ini bisa dipasarkan melalui marketplace, iklan baris, ataukah retail.

Hal Yang Harus Diperhatikan Bisnis E – Commerce

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat membuka bisnis e – commerce. Hal  – hal ini akan membantu menjalankan bisnis dengan baik.

  1. Maksimalkan produk yang akan dijual

Tidak apa – apa apabila bisnis yang akan Anda lakoni terdiri dari berbagai macam produk. Namun pastikanlah setiap produk yang bisnis memiliki persediaan yang cukup pada saat mulai launching, kemudian pastikan presentasi produk tersebut terlihat menarik mulai dari tampilan sampai packaging yang akhirnya sampai ke tangan pembeli.

  1. Pemasaran

Pemasaran yang baik tentunya bisa menimbulkan keinginan membeli yang juga baik. Semakin sering produk e – commerce ini dilihat, semakin tinggi juga rasa ingin tahu yang timbuk setelah melihat sekilas tentang produk ini. Cobalah kelola digital     marketing pada bisnis Anda atau cobalah mengenalkan produk Anda pada orang yang berpengaruh di media sosial, seperti twitter atau instagram.

  1. Service Yang Baik

Bisnis yang baik tentunya bisa melayani setiap kebutuhan pelanggannya dengan baik. Mulai dari tanya – tanya produk sampai akhirnya terjadi transaksi pembelian, gunakanlah bahasa atau kalimat – kalimat positif yang baik untuk pelanggan. Sekalipun mungkin ada pelanggan yang menyebalkan tetaplah beriskap menyenangkan sebagai pelaku bisnis ini. Siap menjalani bisnis  e- commerce berarti siap menghadapi segala resiko apapun yang mungkin ada.

Comments for this post are closed.