Pendapat dari Anwar Nasution Mengenai Keadaan Ekonomi Indonesia Saat Ini

Tahukah Anda apa saja pendapat dari anwar nasution mengenai keadaan ekonomi Indonesia saat ini? Salah seorang guru besar yang dimiliki bangsa ini yaitu dari Universitas Indonesia bidang ekonomi dan bisnis mengatakan bahwa keadaan ekonomi saat ini seperti zaman VOC. Guru besar ini membeberkan beberapa pendapatnya mengenai keadaan ekonomi kita saat ini yang dilihat dari daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat tidak sama dengan daya beli dari negara lainnya. Berikut ini beberapa pendapat yang dari Anwar Nasution mengenai keadaan ekonomi Indonesia saat ini.

Adapun pendapat dari Anwar Nasution yaitu

  • Pada saat kita dijajah oleh Belanda atau VOC yang mengatakan bahwa telah mengalami kemunduran ekonomi. Menurutnya diketahui bahwa Indonesia terjadi penurunan pembelian pada kebutuhan primer akan kebutuhan pokok pada tahun 2010. Penurunan ini terjadi pada sektor perkebunan dan juga pertambangan yang dimiliki oleh negara kita. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan tajam pada bidang ekspor yang dikirim ke India dan Cina.
  • Kurs dolar yang semakin meningkat dan pinjaman yang ikut meroket yang disertai kebijakan moneter yang tidak adanya kepastian. Sehingga membuat negara ini menjadi lebih sulit untuk mengembalikan pinjaman yang dimiliki negara kita kepada luar negeri.
  • Adanya gejolak yang dimiliki oleh faktor eksternal sangat mempengaruhi perekonomian yang ada dinegara kita. Pendapatan nasional kita bertumpu pada berbagai faktor misalnya saja pertambangan, perkebunan, perikanan dan pertanian rakyat.
  • Sehingga bisa dikatakan bahwa perekonomian kita tergantung dari kesemua faktor tersebut. Apabila mengandalkan adanya perkebunan kelapa sawit namun pengolahan yang dilakukan tidak dinegara kita. Dengan demikian menjual bahan baku yang murah dan dijual dalam bentuk produk olahan akan menjadi semakin mudah diketahui. Akibatnya negara kita yang kaya raya dengan hasil bumi dan pertambangannya tidak akan bisa memaksimalkan keuntungan. Dengan demikian sebagai generasi muda diharuskan Anda mencari cara untuk mengolah dan memberdayakan rakyat untuk menjadi negara maju. Perhidupan yang terjamin akan membuat rakyat menjadi sejahtera dan juga tercukupi segala kebutuhannya.
Comments for this post are closed.