Besarnya Peluang Pasar Kelapa Sawit Jadikan Indonesia Mendunia

Indonesia memiliki peluang pasar kelapa sawit yang cukup besar. Dari potensi tersebut Indonesia mampu menjadi negara ekportir kelapa sawit terbesar di dunia dan menjadikan Indonesia unggul diantara negara-negara lain. Mengingat dalam tahun 2015 ini Indonesia sudah memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), keunggulan dalam hal perkebunan ini bisa menjadikan Indonesia mampu bersaing di pasar ASEAN maupun pasar global.

Saat ini Indonesia sudah menjadi produsen Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah terbesar di dunia. Pada tahun 2012 saja luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia seluas 9 juta hektar. Dari luas lahan 9 juta hektar tersebut Indonesia mampu memproduksi 24 juta ton CPO per tahun, dan 80% dari jumlah tersebut di ekspor ke negara-negara lain untuk diolah sebagai bahan bakar, kosmetik maupun makanan. peluang pasar kelapa sawit cukup besar karena minyak sawit dapat dijadikan sumber energi alternatif di dunia, yaitu biofuels.

Kelapa sawit dapat dikembangkan menjadi berbagai produk. Mulai dari produk utama seperti minyak kelapa sawit, sampai limbah dari pengolahan kelapa sawit juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan produk lain. Berbagai produk yang dihasilkan dari pengolahan kelapa sawit adalah minyak goreng dan produk-produk oleokimia yang nantinya dikembangkan menjadi produk baru seperti sabun, detergen, dan kosmetik.

Sedangkan limbah kelapa sawit seperti tempurung buah dapat dijadikan arang aktif, batang dan tandan sawit dapat dijadikan pulp kertas, batang dapat dijadikan perabot dan papan partikel, pelepah dapat dijadikan pakan ternak, serta limbah cairnya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

Seiring dengan populasi dunia yang semakin meningkat setiap tahunnya, diperkirakan permintaan akan minyak sawit juga akan semakin meningkat. Hal ini memberikan peluang besar bagi Indonesia dalam bidang perdagangan dan investasi. Dari potensi tersebut Indonesia mampu menarik investor, baik investor lokal maupun investor internasional.  Namun dari besarnya potensi tersebut, muncul beberapa permasalahan yang perlu diwaspadai. peluang pasar kelapa sawit yang menjanjikan bisa membuat pengusaha melakukan eksploitasi besar-besaran untuk meraup keuntungan yang besar dengan tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Comments for this post are closed.