Service Genset Bali Sebagai Solusi Pemenuhan Energi Listrik Mandiri

Hampir semua daerah di Indonesia yang dijangkau jaringan listrik PLN pernah mengalami pemadaman bergilir ataupun pemadaman listrik tanpa pemberitahuan. Pemadaman bergilir pernah dialami Bali pada bulan Februari lalu dan berlangsung hingga awal Maret; pemadaman bergilir tersebut terjadi setelah terjadi defisit pasokan listrik untuk wilayah Bali hingga mencapai 70 MW pada rentang waktu pukul 18.30 hingga 21.30 WITA. Defisit pasokan listrik tersebut terjadi setelah Pembangkit Listrik Tenaga Gas Gilimanuk menjalani kegiatan pemeliharaan atau maintenance. Meski kegiatan pemeliharaan tersebut telah selesai; namun pemadaman listrik karena gangguan jaringan ataupun sebab lain tetap mungkin terjadi di Bali.

Memiliki perangkat pembangkit listrik mandiri berupa genset merupakan salah satu pilihan yang dapat memberi solusi darurat ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Ketersediaan energi listrik dapat menjadi sesuatu yang sangat penting bagi pelaku bisnis yang membutuhkan listrik sebagai sumber energi kegiatan produksi ataupun mendukung pelayanan jasa yang diberikan kepada konsumen. Pelaku bisnis di Bali yang telah memiliki genset sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan atau maintenance genset secara teratur guna menghindari masalah dengan genset ketika dibutuhkan. Salah satu masalah yang paling sering terjadi memang dipicu oleh kurangnya perawatan genset selama masa tidak dipakai. Solusi service genset Bali dapat menjadi solusi mengatasi masalah genset ataupun memberi bantuan perawatan perangkat genset.

Ada beberapa masalah yang lazim terjadi pada genset yang kurang mendapat perawatan selama masa tidak aktif atau tidak digunakan. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah kegagalan menyalakan genset karena baterai atau aki genset yang kosong sehingga tidak sanggup menyalakan genset. Perawatan berkala genset yang paling sederhana adalah menyalakannya selama beberapa waktu dalam jeda beberapa hari sekali guna menjaga baterai tetap terisi karena tidak ada sistem pengisian baterai atau aki selain dengan menyalakan genset tersebut. Ruangan dimana genset ditempatkan juga harus terjaga kebersihannya serta memiliki sistem sirkulasi udara yang baik; ruangan yang kotor serta sirkulasi udara yang kurang baik dapat memicu suhu berlebih pada genset sehingga secara otomatis akan berhenti beroperasi. Berkonsultasi dengan penyedia layanan service genset Bali dalam melakukan perawatan berkala genset merupakan sebuah keputusan yang bijaksana.

Membeli genset baru patut dipertimbangkan oleh pelaku bisnis yang memang butuh energi listrik untuk keperluan kegiatan produksi dan pelayanan jasa yang menjadi bidang bisnis yang dijalani. Memilih produk genset buatan dalam negeri yang berkualitas dapat menjadi solusi rasional untuk memenuhi kebutuhan energi listrik darurat. Genset Hargen yang memadukan mesin tangguh sekelas Perkins, Yanmar dan Volvo Penta dengan generator berkualitas seperti Stamford dan Daigenko dapat menjadi pilihan. Pilihan service genset Bali yang dapat memberi solusi pembelian genset baru hingga rekondisi genset lama dapat menjadi solusi pemenuhan energi listrik alternatif yang dapat diandalkan.

Comments for this post are closed.